RANCANGAN AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR
RANCANGAN
AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR
1. Profil pelajar pancasila : Gotong Royong
2.
Sumberdaya
yang mendukung profil pancasila
·
Kepala
sekolah
·
Kepala
jurusan ( kaprodi )
·
Guru
·
Siswa
·
Orang
tua siswa
·
Komite
sekolah
3.
Potensi
yang bisa di kembangkan
·
Tanggung
jawab
·
kepedulian
·
Toleransi
·
Kerja
sama
4.
Alur
kerangka merdeka belajar
a.
Tujuan
utama : Pelajar Indonesia memiliki kemampuan untuk melakukan kolaborasi dengan
sukarela, pelajar indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat, agar kegiatan
yang dikerjakan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan untuk kebaikan
bersama sesuai dengan nilai-nilai pancasila,
b.
Profil
pelajar pancasila : Gotong royong,
c.
Kompetensi
pelajar pancasila.
Dari gotong royong
ini di harapkan siswa mampu saling bekerja sama dan saling membantu dengan mengedepankan
toleransi, kepedulian terhadan sesama, dan bertangungjawab dalam kebersihan
lingkungan kerja praktikum.
d.
Indikator
ketercapaian
·
Siswa
melakukan komunikasi dan bergotongroyong dalam kelompok praktikum,
·
Siswa
melakukan pembersihan ruang praktikum sesudah melakukan pekerjaan praktik
secara bergotongroyong,
·
Siswa
di biasakan saling menolong sesama dengan melaksanakan sedekah dan infak.
e.
Elaborasi
hingga pelaksanaan yang konkrit di sekolah
Pertama kali kami melakukan
perencanaan program yang sesuai dan melaksanakan aksi nyata secara berlahan
dari bentuk gotong royong.
Kami memilih profil
pelajar pancasila dengan elemen gotong royong untuk memunculkan, menumbuhkan
kembali sifat, sikap gotong royong dalam pembelajaran praktik dan dalam
kehidupan sehari-hari.
Cara yang kami
lakukan agar profil pelajar pancasila dengan elemen gotong royong tercapai, kami
menerapkan kegiatan penbiasaan – pembiasaan dalam proses pembeljaran praktik.
Pihak yang terlibat
agar tercapainya profil pelajar pancasila gotong royong pada pelajar di
antaranya :
·
Kepala
sekolah sebagai pemangku kebijakan,
·
Kaprodi
sebagai pemangku kebijakan di jurusan,
·
Guru
sebagai penuntun dan teladan dalam setiap kegiatan di sekolah maupun di
lingkungan masyarakat,
·
Komite
sebagai pendukung dari stake holder yang terlibat,
·
Siswa
sebagai sasaran tumbuhnya salah satu profil pelajar pancasila
AKSI NYATA
Jum’at ..., juli, 2022
PERENCANAAN :
Pembelajaran dengan pola merdeka belajar akhirnya saya lakukan di kelas X berkolaborasi dengan guru matapelajaran kejuruan, dan guru rekan sejawat yaitu, DDO
Berdasarkan rencana Merdeka belajar yang telah di sepakati secara bersama
profil pancasila dengan yang akan di gunakan adalah “Gotong Royong”
Perencanaan aksi nyata mengimplementasikan Merdeka belajar dengan profil
pancasila yang di kembangkan adalah Gotong Royong, kami berkolaborasi dengan
guru DDO dalam memilih elemen pelajaran yang sesuai.
Elemen yang kmai ambil adaah elemen 4.1 merawat secara berkala sistem
kelistrikan , dengan sub tema perawatan baterai (accu) .
Komentar
Posting Komentar