RANCANGAN AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR

 

RANCANGAN AKSI NYATA MERDEKA BELAJAR

1.      Profil pelajar pancasila : Gotong Royong

2.      Sumberdaya yang mendukung profil pancasila

·         Kepala sekolah

·         Kepala jurusan ( kaprodi )

·         Guru

·         Siswa

·         Orang tua siswa

·         Komite sekolah

3.      Potensi yang bisa di kembangkan

·         Tanggung jawab

·         kepedulian

·         Toleransi

·         Kerja sama

4.      Alur kerangka merdeka belajar

a.       Tujuan utama : Pelajar Indonesia memiliki kemampuan untuk melakukan kolaborasi dengan sukarela, pelajar indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat, agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan untuk kebaikan bersama sesuai dengan nilai-nilai pancasila,

b.      Profil pelajar pancasila : Gotong royong,

c.       Kompetensi pelajar pancasila.

 

Dari gotong royong ini di harapkan siswa mampu saling bekerja sama dan saling membantu dengan mengedepankan toleransi, kepedulian terhadan sesama, dan bertangungjawab dalam kebersihan lingkungan kerja praktikum.

 

d.      Indikator ketercapaian

·         Siswa melakukan komunikasi dan bergotongroyong dalam kelompok praktikum,

·         Siswa melakukan pembersihan ruang praktikum sesudah melakukan pekerjaan praktik secara bergotongroyong,

·         Siswa di biasakan saling menolong sesama dengan melaksanakan sedekah dan infak.

e.       Elaborasi hingga pelaksanaan yang konkrit di sekolah

Pertama kali kami melakukan perencanaan program yang sesuai dan melaksanakan aksi nyata secara berlahan dari bentuk gotong royong.

 

Kami memilih profil pelajar pancasila dengan elemen gotong royong untuk memunculkan, menumbuhkan kembali sifat, sikap gotong royong dalam pembelajaran praktik dan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Cara yang kami lakukan agar profil pelajar pancasila dengan elemen gotong royong tercapai, kami menerapkan kegiatan penbiasaan – pembiasaan dalam proses pembeljaran praktik.

 

Pihak yang terlibat agar tercapainya profil pelajar pancasila gotong royong pada pelajar di antaranya :

 

·         Kepala sekolah sebagai pemangku kebijakan,

·         Kaprodi sebagai pemangku kebijakan di jurusan,

·         Guru sebagai penuntun dan teladan dalam setiap kegiatan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat,

·         Komite sebagai pendukung dari stake holder yang terlibat,

·         Siswa sebagai sasaran tumbuhnya salah satu profil pelajar pancasila

 

 

 

 

AKSI NYATA

Jum’at ..., juli, 2022

PERENCANAAN :

Pembelajaran dengan pola merdeka belajar akhirnya saya lakukan di kelas X berkolaborasi dengan guru matapelajaran kejuruan, dan guru rekan sejawat yaitu, DDO

Berdasarkan rencana Merdeka belajar yang telah di sepakati secara bersama profil  pancasila dengan  yang akan di gunakan adalah “Gotong Royong”

Perencanaan aksi nyata mengimplementasikan Merdeka belajar dengan profil pancasila yang di kembangkan adalah Gotong Royong, kami berkolaborasi dengan guru DDO dalam memilih elemen pelajaran yang sesuai.

Elemen yang kmai ambil adaah elemen 4.1 merawat secara berkala sistem kelistrikan , dengan sub tema perawatan baterai (accu) .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOPLING SEPEDA MOTOR

Portofolio ke-12 Teori dan Strategi Pembelajaran Vokasi,