Portofolio ke-12 Teori dan Strategi Pembelajaran Vokasi,
Dosen pengampu : Prof. Dr. Muchlas, M.T
Portofolio ke-12 Teori
dan Strategi Pembelajaran Vokasi
Penyusun : M. Khoirul
Ma'arif ( 2308049035 )
Materi Pokok : Topik mata
kuliah Evaluasi
Pembelajaran Vokasi dengan subtopik:
- Penilaian
Berbasis Kompetensi: Pengertian dan Karakteristik
- Strategi Penilaian Hasil
Pembelajaran Vokasi (Metode, Teknik dan Intrumen Penilaian)
- Penilaian
Hasil Belajar Praktik
Dari
kuliah ke 12 ini banayak hal yang saya dapatkan dari materi ini, bebrapa yang
dapat saya sajikan dalam portofolio kali ini.
Penilaian Berbasis Kompetensi:
Pengertian dan Karakteristik
Penilaian berbasis kompetensi (PBK)
merupakan pendekatan penilaian yang berfokus pada pengukuran dan penilaian
kemampuan peserta didik dalam mendemonstrasikan kompetensi yang telah
ditetapkan, baik dalam aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap
(Direktorat Pembinaan SMK, 2017). Dalam konteks pembelajaran vokasi, PBK
menjadi sangat penting karena tujuan utama pembelajaran vokasi adalah membekali
peserta didik dengan kompetensi praktis dan siap kerja.
Penerapan PBK dalam pembelajaran vokasi
memiliki beberapa karakteristik, Berfokus pada pencapaian
kompetensi, bukan hanya sekedar penyampaian materi. Penilaian dilakukan secara
komprehensif dengan mengintegrasikan berbagai metode, seperti tes tertulis,
unjuk kerja, portofolio, dan penilaian diri. Menggunakan kriteria penilaian
yang jelas dan terukur, seperti rubrik penilaian, untuk mengevaluasi
ketercapaian kompetensi. Memberikan umpan balik yang konstruktif untuk
pengembangan kemampuan peserta didik. Mendorong peserta didik untuk belajar
secara aktif dan mandiri dalam mencapai kompetensi.
Penerapan
PBK dalam pembelajaran vokasi memberikan beberapa manfaat, Meningkatkan
motivasi belajar peserta didik karena fokus pada pencapaian kompetensi yang
jelas. Memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan peserta
didik. Mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan
keterampilan praktis. Membantu mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta didik
secara individual. Memfasilitasi pemberian umpan balik yang konstruktif untuk
perbaikan dan peningkatan kompetensi.
Namun,
penerapan PBK juga menghadapi beberapa tantangan, Perlunya peningkatan
kompetensi guru dalam merancang dan melaksanakan penilaian berbasis kompetensi.
Ketersediaan instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Pengelolaan waktu dan
sumber daya yang memadai untuk pelaksanaan penilaian yang komprehensif. Secara
keseluruhan, penilaian berbasis kompetensi merupakan pendekatan yang sangat
sesuai dengan karakteristik dan tujuan pembelajaran vokasi. Penerapannya yang
komprehensif dan berorientasi pada pengembangan kompetensi peserta didik dapat
berkontribusi pada peningkatan kualitas dan relevansi pembelajaran vokasi
dengan kebutuhan dunia kerja.
Strategi Penilaian Hasil Pembelajaran
Vokasi (Metode, Teknik dan Intrumen Penilaian)
Strategi
penilaian hasil pembelajaran vokasi, dapat di lakuakn dalam beberapa metode
Metode Penilaian
Ø Tes
Tertulis Digunakan untuk menilai kemampuan kognitif peserta didik, seperti
pemahaman konsep, pengetahuan, dan analisis.
Ø Tes
Unjuk Kerja Digunakan untuk menilai kemampuan psikomotorik peserta didik,
seperti keterampilan praktis dan kemampuan bekerja.
Ø Penilaian
Portofolio Digunakan untuk menilai proses pembelajaran dan hasil belajar
peserta didik secara komprehensif.
Ø Penilaian
Diri Digunakan untuk mendorong peserta didik agar dapat mengevaluasi dan
memperbaiki kinerja mereka sendiri.
Teknik Penilaian
Ø Observasi
Digunakan untuk memantau proses pembelajaran dan kinerja peserta didik secara
langsung.
Ø Wawancara
Digunakan untuk menggali informasi lebih dalam tentang pemahaman, sikap, dan
pengalaman belajar peserta didik.
Ø Praktikum
Digunakan untuk menilai kemampuan peserta didik dalam mendemonstrasikan
kompetensi praktis.
Ø Proyek
Digunakan untuk menilai kemampuan peserta didik dalam melaksanakan tugas atau
proyek yang kompleks.
Instrumen Penilaian
Ø Rubrik
Penilaian Digunakan untuk memberikan kriteria penilaian yang jelas dan terukur.
Ø Lembar
Observasi Digunakan untuk mencatat hasil pengamatan terhadap proses dan kinerja
peserta didik.
Ø Lembar
Wawancara Digunakan untuk mengumpulkan informasi dari peserta didik melalui
wawancara.
Ø Lembar
Penilaian Unjuk Kerja Digunakan untuk menilai kemampuan peserta didik dalam
melaksanakan tugas praktik.
Penilaian Hasil Belajar Praktik
Penilaian
hasil belajar praktik dalam pembelajaran vokasi merupakan proses pengumpulan
dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik
dalam melakukan kegiatan praktik. Penilaian ini bertujuan untuk mengevaluasi
kemampuan peserta didik dalam mendemonstrasikan penguasaan kompetensi yang
telah ditetapkan dalam pembelajaran praktik.
Dalam
penilaian hasil belajar praktik, terdapat beberapa aspek yang perlu
diperhatikan, antara lain
Ø Persiapan
Peserta didik dinilai berdasarkan kesiapan alat, bahan, dan prosedur kerja yang
akan digunakan dalam praktik.
Ø Proses
Peserta didik dinilai berdasarkan kemampuan dalam melaksanakan tahapan-tahapan
praktik sesuai dengan prosedur kerja yang benar.
Ø Hasil
Peserta didik dinilai berdasarkan kualitas hasil praktik yang sesuai dengan
kriteria yang telah ditetapkan.
Ø Sikap
Kerja Peserta didik dinilai berdasarkan sikap dan perilaku yang ditunjukkan
selama praktik, seperti ketelitian, tanggung jawab, dan kerjasama.
Dalam
melakukan penilaian hasil belajar praktik, guru dapat menggunakan berbagai
instrumen penilaian, seperti lembar observasi, rubrik penilaian, dan tes unjuk
kerja. Penilaian ini dilakukan secara komprehensif untuk mengukur pencapaian
kompetensi peserta didik secara menyeluruh.
Referensi
https://staffnew.uny.ac.id/upload/130681037/pendidikan/Buku%20Metodologi%20Pembelajaran%20Kejuruan%20Sampul.pdf
Direktorat
Pembinaan SMK. (2017). Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyasa, E. (2014).
Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Widodo,
A. (2015). Asesmen Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal
Pendidikan Vokasi, 5(3), 326-339.
Sukardi,
H. M. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Bumi
Aksara.
Komentar
Posting Komentar